Tahap Pembuatan Kandang Ayam Aduan Umbaran

Tahap Pembuatan Kandang Ayam Aduan Umbaran

Ada dua jenis kandang yang akan dijadikan untuk merawat ayam aduan agar menjadi lebih bagus lagi di area pertandingan. Yang pertama untuk kandang ayam yang digunakan untuk tidur dan melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi seperti kandang biasanya ayam petarung. Dan juga ada kandang umbaran yang digunakan untuk melatih fisik ayam setiap hari. Selain itu, ada banyak fungsi lain lagi mengenai kandang ayam umbaran dibuat. Yang paling utama agar ayam dapat berkeliaran dengan bebas.

Karena pada intinya untuk ayam petarung ini suka untuk berkeliaran mencari pakan dan juga pergerakan yang aktif. Dengan begitu kita harus membuat kandang umbaran yang bagus agar ayam dapat merasakan kebebasan di luar kandang. Walaupun ayam tersebut dibebaskan pada kandang, tetapi kita juga harus mengatur kualitas kandang yang ada. Cara membuat kandang umbaran ini ada beberapa tahapan yang perlu kalian ketahui sebelumnya.

Jika kita hanya asal membuat kandang umbaran, maka dikhawatirkan ayam tersebut akan terserang hewan liar lainnya. Dan juga ayam tersebut dapat kabur ketika sudah bertemu dengan lawan di sekitar rumah Anda. Pastikan semua syarat yang ada pada kandang umbaran ini Anda terapkan di kandang ada.

Spesifikasi Yang Perlu Diberikan Pada Kandang Umbaran Ayam Aduan

Ada beberapa spesifikasi yang perlu kita Lian ketahui Untuk membuat kandang umbaran terhadap ayam petarung. Yang pertama adalah kandang umbaran tersebut harus memenuhi syarat tidak membahayakan ayam. Dengan begitu, secara otomatis kita harus menggunakan bahan yang aman digunakan untuk membuatnya. Selain aman dari segi bahan yang akan digunakan. Juga dari lokasi yang kita pakai untuk membuat kandang umbaran tersebut haruslah nyaman dan bersih.

Akan lebih bagusnya lagi ketika kalian membuat kandang umbaran tersebut di tempat yang rata. Usahakan untuk lantai kandang umbaran ini tidak tergenang oleh air. Jadi kalian dapat memilih tempat yang strategis untuk membuat kandang tersebut. Akan lebih baiknya lagi ketika kalian mengecor pada bagian lantai kandang tersebut. Hal ini untuk menghindari kotoran yang menempel di tubuh ayam. Karena setiap ayam dilepaskan, pastinya akan melakukan aktivitas yang tidak terkontrol.

Jadi jika kandang ayam tersebut tidak memenuhi syarat kebersihan, akan sangat mudah terserang penyakit. Untuk ukuran dari kandang umbaran ini kalian bisa membuat dengan ukuran 2 M x 2 M. Itu untuk ukuran yang kecil ataupun minimal pembuatan kandang. Akan lebih bagusnya lagi ketika kalian membuat kandang tersebut lebih besar lagi. Selain itu, kalian juga dapat memberikan sekam padi yang digunakan untuk memberikan kehangatan terhadap ayam.

Selain itu, juga untuk memudahkan dalam membersihkan kotoran yang ada pada kandang tersebut. Jadi saat kita membersihkan kandang ayam itu langsung diangkut sekalian dengan sekamnya. Pemberian sekam padi ini juga memberikan Fasilitas pada ayam untuk mencari makan sendiri seperti kebanyakan ayam liar lainnya. Tidak lupa juga kalian juga harus mempersiapkan kandang isolasi yang digunakan untuk merawat ayam yang sedang sakit.

Sebenarnya untuk memberikan kandang isolasi ini memang sangatlah penting. Sebagian besar orang memang tidak menghiraukan mengenai pembuatan kandang isolasi. Alhasil, ayam mereka menderita penyakit, kesusahan untuk menempatkan ayam tersebut di kandang yang berbeda. Karena untuk kandang isolasi ini gunanya menghindari ayam yang lain terkena virus.

Itu tadi beberapa spesifikasi yang perlu kalian ketahui saat membuat kandang umbaran untuk ayam aduan.